Primasaja.com: Service WEB, MOBILE & SOFTWARE DEVELOPMENT , ENGINEERING & ARCHITECTURE , DESIGN & CREATIVE , ADMIN SUPPORT , SALES & MARKETING , INSTALASI JARINGAN & KOMPUTER
Email: jakaprima123@gmail.com
Phone: 081311086653
Fax: -
Url:
cash, credit card
Perum Griya Rajeg Lestari Blok C No 24
Tangerang indonesia 15540

Pengertian Tentang Git Si Pengatur Version System

tidak ada komentar : DIPOSTING OLEH jaka Pada 2017 LABEL: git

www.primasaja.com -

Selamat datang pengunjung www.primasaja.com,

Pada artikel yang dibahas kali ini yaitu mengenai " Pengertian Tentang Git Si Pengatur Version System ", apa sih sebenernya Git version control itu? dan kenapa itu penting? sampai sebagian perusahaan sudah ada yang mencantumkannya dalam kewajiban yang harus diketahui oleh programmer.


dari bahasanya saja kita sudah mengetahui kegunaan dan maksud dari version control ini, version control adalah system yang merekam jejak perubahan isi file didalam suatu program yang dapat memanggil kembali data - data versi - versi program yang sudah pernah dibuat sebelumnya.


Fungsi GIT

dengan adanya git semisalnya anda adalah seorang desainer gambar atau web desainer, maka dapat digunakan untuk menyimpan setiap versi gambar yang telah anda kerjakan.


  • dapat membandingkan
  • mengembalikan ke data pekerjaan sebelumnya seandainya salah baik itu sebagian maupun kesuluruhan project. 
  • melihat pekerja siapa dalam tim yang terakhir kali merubah suatu file program yang mungkin justru malah mengerorkan program
  • siapa yang memberikan isi bug didalam program
  • dan sangat mudah untuk mengembalikan error program ke keadaan semula sebelum error terjadi

Sistem Kontrol Versi Secara Local

Sebagian banyak dari kita pada awalnya untuk membedakan versi project yang kita buat hanya dengan membuat file dengan nama yang sama dan ditaruh dalam folder yang berbeda untuk membedakan versi project 1.0 dan versi 1.1. Hal tersebut suatu saat dapat membingungkan diri sendiri, sewaktu mengerjakan isi file yang mana dengan nama yang sama di folder berbeda dengan banyak isi file.


Sampai tiba kejadian dimana kita salah buka file dan ngedit malah di versi yang sebelumnya bukan di versi yang sedang seharusnya kita kerjakan. fatalnya lagi copy paste kedalam file yang salah folder.

untuk menghindari hal - hal tersebut maka dibuatlah sistem version control secara local.


contoh : namafile.php ->

  • version 3
  • version 2
  • version 1

salah satu sistem kontrol versi yang populer yaitu adalah RCS.


Sistem Kontrol Versi Secara Central

Contoh berikutnya kehandalan dari dibuatnya version system control ini adalah untuk kesalahan umum seperti penyentralan data antara komputer satu dengan komputer lainnya. Sebagai pekerja tim dalam perusahaan yang mengerjakan suatu project dibutuhkan integritas data antara data komputer 1 dan komputet 2.


Sistem Kontrol Versi Secara Distribution

dalam version control ini pengguna tidak hanya dapat mengecek perubahan terbaru dari file, tetapi mereka mendapatkan sepenuhnya dari isi penyimpanan dari project. seandainya server mati sistem ini dapat mengkoloborasikan data dari penyimpanan pengguna manapun dan mencopynya kembali kedalam server untuk direstore. 


Tidak Ada Komentar: