Primasaja.com: Service WEB, MOBILE & SOFTWARE DEVELOPMENT , ENGINEERING & ARCHITECTURE , DESIGN & CREATIVE , ADMIN SUPPORT , SALES & MARKETING , INSTALASI JARINGAN & KOMPUTER
Email: jakaprima123@gmail.com
Phone: 081311086653
Fax: -
Url:
cash, credit card
Perum Griya Rajeg Lestari Blok C No 24
Tangerang indonesia 15540

Tutorial PHP Cek Informasi Browser yang digunakan User

tidak ada komentar : DIPOSTING OLEH jaka Pada 2017 LABEL: php

www.primasaja.com -

tutorial selanjutnya dari artikel berepisode php ini adalah tentang " Tutorial PHP Cek Informasi Browser yang digunakan User ". Apa yang kita lakukan sekarang yaitu mengecek informasi browser dari yang digunakan pengunjung. untuk itu kita cek user agent string bagian dari HTTP Request browser. Apa yang kita ambil ini, informasi tersebut tersimpan didalam variable. Variable selalu diawali dengan dollar ( $ ) tanda didalam PHP. variable yang kita ingin lihat sekarang adalah dengan seperti ini $_SERVER['HTTP_USER_AGENT'].


Sebagai catatan bahwa script variable ini $_SERVER adalah code spesial melayani PHP, Variable yang berisikan semua informasi web server. variable tersebut dapat dikatakan superglobal. Berikut contoh penggunaannya.


Tutorial $_Server['HTTP_USER_AGENT']

1. buka index.php dan ketikkan script berikut :

<?php echo $_Server['HTTP_USER_AGENT'] ?>

2. buka browser maka informasi browser yang dipakai oleh si pengunjung atau anda akan ditampilkan berikut informasi hasil script saya :

Mozilla/5.0 (X11; Linux x86_64) AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko) Chrome/56.0.2924.87 Safari/537.36


Banyak PHP memiliki variable yang banyak. contoh diatas itu hasilnya ditampilkan dengan element array. array sangat dibutuhkan untuk beberapa kasus. $_SERVER termasuk salah satu layanan variable. anda dapat lihat variable seperti apa saja yang termasuk dalam layanan variable di phpinfo() pada episode kita sebelumnya yaitu " buat PHP Pertama dan Cek Versi PHP ".


Tutorial $_Server untuk memberi aksi dengan structure control if dan function

contoh selanjutnya adalah bagaimana menggunakan informasi browser apa yang dipakai pengguna dan membuat aksi tertentu. Berikut langkah - langkahnya :


1. buka index.php dan ketikkan script berikut :

<?php 

if(strpos($_SERVER['HTTP_USER_AGENT'], 'MSIE' !== False)){ 

echo " anda menggunakan internet explorer " }

?>

2. buka hasil script tersebut dengan menggunakan browser internet explorer

maka jika anda menggunakan Internet Explorer maka akan tampil " anda menggunakan internet explorer " tetapi jika menggunakan browser lain maka tidak akan tampil.





Tidak Ada Komentar: