Primasaja.com: Service WEB, MOBILE & SOFTWARE DEVELOPMENT , ENGINEERING & ARCHITECTURE , DESIGN & CREATIVE , ADMIN SUPPORT , SALES & MARKETING , INSTALASI JARINGAN & KOMPUTER
Email: jakaprima123@gmail.com
Phone: 081311086653
Fax: -
Url:
cash, credit card
Perum Griya Rajeg Lestari Blok C No 24
Tangerang indonesia 15540

Tutorial PHP Membuat Form Sederhana

tidak ada komentar : DIPOSTING OLEH jaka Pada 2017 LABEL: php

www.primasaja.com -


artikel kali ini akan membahas mengenai " Tutorial PHP membuat Form Sederhana ". untuk mencapai tingkat yang lebih lanjut tutorial selanjutnya adalah bagaimana cara untuk membuat form, dan tutorial ini akan dibahas secara sederhana agar kamu dapat lebih mengerti.


 Dalam fitur PHP yang memiliki fitur paling berguna adalah bagaimana menghandel HTML Form. Konsep dasar yang sangat penting ini untuk di pahami karena pasti akan sering dipakai saat membuat program - program sesungguhnya.


Tutorial PHP Form yang Simple

buka index.php ketikkan code berikut :


<form action="tujuan1.php" method="POST">

Masukkan Nama Ayah : <input type="text" name="nama_ayah">

Masukkan Umur Ayah : <input type="text" name="umur_ayah">

<input type="submit"/>

</form>



  • <form digunakan untuk membuat form
  • action="tujuan1.php" digunakan untuk tujuan isi form ini kemana
  • method="POST"> digunakan untuk menggunakan metode apa data dikirim
  •  <input digunakan untuk membuat inputan
  • type="text" digunakan untuk memberikan type inputan.
  • name="nama_ayah" nama_ayah yang dijadikan variable yang dipanggil di tujuan1.php
  • type="submit" digunakan sebagai trigger atau pemicu untuk mengiriman data inputan


Tidak ada yang spesial dengan form ini. ketika user mengisi formulir dan menekan submit button, tujuan1.php akan dipanggil. dan di file ini kita akan menampilkan data hasil inputan.


langkah selanjutnya buat file baru dengan nama tujuan1.php lalu isikan kode berikut :



view tujuan 1</br>

<?php echo htmlspecialchars($_POST['nama_ayah']);?></br>

<?php echo (int)$_POST['umur_ayah']?>

maka akan ditampilkan hasil inputan ke tujuan1.php tersebut. htmlspecialchar() dan (int) sangat jelas kegunaannya. htmlspecialchars() digunakan untuk memastikan karakter apapun yang spesial didalam html akan di encoded sehingga orang lain tidak dapat menginjeksi tag HTML atau javascript kedalam halaman. untuk area umur sejak kita tahu adalah nomor kita dapat mengubahnya kedalam integer yang akan otomatis akan menyingkirkan karakter. kamu juga dapat membuat PHP melakukannya dengan otomatis dengan menggunakan extensi filter. $_POST['nama_ayah'] dan $_POST['umur_ayah']  variable akan otomatis tersetting untuk untuk anda dengan PHP. sebelumnya kita menggunakan $_SERVER supergoloba, diatas kita hanya memperkenalkan $_POST superglobal yang mengandung semua POST data. yang kita lalukan tersebut adalah dengan menggunakan method POST. ada pula yaitu dengan metode $_GET, yang kegunaannya adalah jika kita mengirim dengan metode ini adalah akan tampil datanya di URL. Kamu juga dapat menggunakan $_REQUEST superglobal, jika anda tidak peduli dengan isi dari data yang diinputkan. itu mengandung gabungan informasi GET, POST, dan COOKIE data. kamu juga dapat menggunakan XFORMS input didalam PHP meskipun anda dapat menemukan kenyamanan


Tidak Ada Komentar: